Home Daerah 59 ORANG UTUSAN KAB. TOLITOLI MENGIKUTI PEKAN DAERAH KTNA TINGKAT PROVINSI SULTENG DI KAB. MOROWALI UTARA

59 ORANG UTUSAN KAB. TOLITOLI MENGIKUTI PEKAN DAERAH KTNA TINGKAT PROVINSI SULTENG DI KAB. MOROWALI UTARA

36
0
SHARE
59 ORANG UTUSAN KAB. TOLITOLI MENGIKUTI PEKAN DAERAH KTNA TINGKAT PROVINSI SULTENG DI KAB. MOROWALI UTARA

Keterangan Gambar : Pelepasan Kontingen Pekan Daerah KTNA Kab.Tolitoli (Foto.Datra)

Dalam rangka pelaksanaan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA-KTNA) ke IX Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Morowali Utara Tahun 2019, kontingen Kabupaten Tolitoli yang berjumlah 59 orang Pengurus dan Anggota KTNA dilepas oleh Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding untuk mengikuti kegiatan yang akan berlangsung mulai tanggal 11 sampai 14 September 2019 itu. Acara pelepasan kontingen PEDA-KTNA Kabupaten Tolitoli itu dilaksanakan di Aula Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Tolitoli pada senin pagi (9/9).

Menurut Ketua Panitia, Jarnawi SP, PEDA-KTNA merupakan wahana bagi para petani nelayan andalan untuk melakukan konsolidasi, pengembangan diri, kemitraan dan promosi hasil pembangunan yang diselenggarakan secara teratur dan berkelanjutan. Jarnawi juga melaporkan bahwa ke 59 orang kontingen Kabupaten Tolitoli, terdiri dari peserta utama sebanyak 40 orang, pendamping sebanyak 11 orang, peninjau sebanyak 7 orang dan peserta mandiri sebanyak 1 orang. Sedangkan kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu rembuk utama, temu wicara, temu lapang, temu kerja, temu usaha, temu tugas dan profesi, pameran dan promosi, perlombaan dan kesenian atau lomba menyanyi. Sedang Jenis perlombaan yang akan dipertandingkan, yaitu asah terampil atau cerdas cermat, unjuk tangkas terdiri dari tangkap belut, lomba okulasi tanaman dan ikat kepiting, lomba olahraga keakraban terdiri dari lari karung, bola volley, tarik tambang, sepak takrau dan hadang.

Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding saat memberikan sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan pekan daerah ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam berusaha tani melalui metode penyuluhan. Untuk itu diharapkan para peserta dan pendamping yang menjadi rombongan kontingen Kabupaten Tolitoli dapat menunjukkan kebolehan dan eksistensi serta kekompakkannya selama mengikuti pekan daerah tingkat Provinsi Sulawesi Tengah. Lebih lanjut disampaikan bahwa kontingen Kabupaten Tolitoli punya komitmen yang kuat untuk membangun sektor pertanian, perkebunan dan perikanan demi masa depan yang lebih baik. Wabup juga berharap untuk menjadikan pelakanaan Pekan Daerah KTNA sebagai wahana untuk saling bertukar informasi dan pengalaman dengan peserta lainnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebur, yaitu Perwakilan Dandim 1305 Buol Tolitoli, Asisten Ekonomi pembangunan dan Kesra, Ir Muh. Nur Munawar, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Rustan Rewa, SP.,MP, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir. Moh. Akbar Syah, Kepala Dinas Perikanan Ir. Gusman, seluruh kontingenn Peda KTNA, serta jajaran Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Tolitoli.(*Aulia)

Tim Liputan Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tolitoli