Home Kabupaten Tolitoli Bupati Tolitoli - KEPALA DESA YANG BARU DILANTIK JANGAN TERGESA-GESA MEROMBAK STRUKTUR PERANGKAT DESANYA

Bupati Tolitoli - KEPALA DESA YANG BARU DILANTIK JANGAN TERGESA-GESA MEROMBAK STRUKTUR PERANGKAT DESANYA

47
0
SHARE
Bupati Tolitoli - KEPALA DESA YANG BARU DILANTIK JANGAN TERGESA-GESA MEROMBAK STRUKTUR PERANGKAT DESANYA

Keterangan Gambar : Penyematan Tanda Jabatan oleh Bupati Tolitoli. Foto: Rezi

tolitolikab.go.id. Sebanyak 37 orang Kepala Desa terpilih hasil pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Tolitoli rabu siang (4/9) diambil sumpah dan janjinya serta dilantik oleh Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan, SH.,MH dalam suatu acara yang berlangsung khidmat di Gedung Wanita Tolitoli. Pengambilan sumpah janji dan pelantikan Kepala Desa itu, turut dihadiri Anggota Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tolitoli, Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Drs. Hi. Mukaddis Syamsuddin, M.Si, Asisten Sekretaris Daerah bidang Pemerintahan Anhar Dg. Mallawa, SE, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Zikron Lamaming, SH.,M.Si danserta sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Lurah, sejumlah wartawan media cetak dan elektronik serta undangan lainnya.

Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan, SH.MH dalam sambutannya mengatakan Pelantikan Kepala Desa terpilih merupakan hal mutlak yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan. Peristiwa ini kata Bupati, merupakan legitimasi bagi seorang Kepala Desa sebelum menjalankan tugas yang diamanatkan kepadanya.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengingatkan kepada seluruh Kepala Desa yang baru, bahwa kewajiban Kepala Desa antara lain meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat, melaksanakan kehidupan demokrasi dalam menjalin hubungan kerja dengan seluruh mitra kerja pemerintahan desa serta mentaati dan menegakkan seluruh peraturan perundang-undangan. Seorang Kepala Desa ungkap Bupati harus mampu tampil menjadi sosok pemimpin dan bisa menjadi teladan bagi warga masyarakat, dalam hal pengelolaan keuangan desa, harus dilaksanakan secara transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan berdisiplin. Hal ini penting diketahui karena Desa pada saat ini memiliki anggaran yang cukup besar, sehingga perlu disikapi dengan penuh kehati-hatian dan penuh tanggung jawab agar Kepala Desa nantinya terhindar dari perbuatan tindak pidana yang pada gilirannya akan mencoreng institusi, keluarga maupun pribadi.

Bupati juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Penjabat Kepala Desa yang telah berakhir masa tugasnya atas jasa dan pengabdian dalam melaksanakan tugas selama menjabat sebagai penjabat Kepala Desa, sehingga peran dan kontribusinya dalam mewujudkan peningkatan pembangunan di semua bidang dapat dirasakan oleh masyarakat desa secara langsung. Pesan penting yang disampaikan oleh Bupati Tolitoli agar seluruh Kepala Desa yang baru saja dilantik untuk jangan tergesa-gesa merombak struktur perangkat desa karena hal ini demi memudahkan pertanggung jawaban administrasi dan keuangan desa. Di akhir sambutannya, Bupati mengharapkan kepada Kepala Desa agar dapat menggarkan lampu jalan di seluruh Desa yang ada di Kabupaten Tolitoli.(*Asri)

(Tim Liputan Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tolitoli)