Home Kabupaten Tolitoli BUPATI TOLITOLI MENUTUP KEGIATAN TMMD KARBAK DAN BAKSOS DI DESA GALUMPANG

BUPATI TOLITOLI MENUTUP KEGIATAN TMMD KARBAK DAN BAKSOS DI DESA GALUMPANG

4
0
SHARE
BUPATI TOLITOLI MENUTUP KEGIATAN TMMD KARBAK DAN BAKSOS DI DESA GALUMPANG

tolitolikab.go.id..Dengan mengenakan seragam Tentara Nasional Indonesia (TNI), Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan, SH.,MH bertindak sebagai Inspektur pada upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Karya Bhakti (Karbak) dan Bhakti Sosial (Baksos) dalam rangka Hari Ulang Tahun TNI ke-74 Tahun 2019 pada rabu pagi (30/10) di lapangan B. Musthafa Desa Galumpang Kecamatan Dako Pemean. Mengawali upacara itu, Bupati selaku Inspektur Upacara melakukan pemeriksaan barisan didampingi Komandan Upacara Kapten (Inf) M. Salam

Saat memberikan amanatnya, Bupati Hi. Moh. Saleh Bantilan, SH.,MH mengatakan kegiatan TMMD di desa Galumpang Kecamatan Dako Pemean ini, merupakan wujud manunggalnya TNI dengan rakyat guna membantu Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan yang bersifat fisik maupun non fisik. Program TNI Manunggal Membangun Desa adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, Kementerian, Lembaga  Pemerintah non Kementerian dan Pemerintah Daerah, serta segenap lapisan masyarakat untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan serta membangun persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kegiatan TMMD juga merupakan upaya TNI membantu Pemerintah Daerah memberdayakan potensi wilayah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta kesadaran bela negara dalam upaya pemberdayaan wilayah. 

Bupati berharap kiranya nilai positif dari hasil pelaksanaan TMMD ini, akan menjadi kekuatan yang handal dalam menangkal setiap kemungkinan ancaman, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri, dan kepada seluruh masyarakat di wilayah Kecamatan Dako Pemean dan sekitarnya, agar apa yang telah dihasilkan dari pelaksanaan TMMD kali ini dapat dimanfaatkan, dipelihara dan dikembangkan lebih lanjut sehingga dapat bermanfaat bagi kemaslahatan dan kesejahteraan, pinta Bupati.

Karya Bhakti dan Bhakti Sosial yang dilaksanakan sejak tanggal 26 September 2019 itu telah berhasil menyelesaikan pekerjaan berupa pembangunan Rumah Tiga Pilar, pembangunan plat pelintas, pembuatan duiker plat 1 meter dan 2 Meter, perintisan jalan kantong produksi sepanjang 1,5 Kilometer, bedah rumah, penyerahan Sembilan bahan pokok (sembako) kepada 110 rumah tangga, pengobatan gratis, sunat missal yang kesemuanya itu dilakukan dengan mengerahkan 70 orang dari satgas karya Bhakti dan 100 orang dari masyarakat setempat. 

Upacara penutupan TMMD itu dihadiri oleh Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1305 Buol Tolitoli  Letnan Kolonel (Inf) Gunnarto, SH,  Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Dan Lanal) Tolitoli-Buol Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono, ST, M.Ter (Hanla), Ketua Pengadilan Negeri Tolitoli Syahbuddin Samad Bonang, SH, Wakapolres Tolitoli Kompol. M. N. Asjik, sejumlah Pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli, Pejabat Pemerintah Kecamatan Dako Pemean, aparat Desa Galumpang beserta masyarakat setempat. 

Usai pelaksanaan upacara, Bupati menyerahkan 2 (dua) unit kendaraan roda dua (sepeda motor) kepada Kodim 1305 Buol Tolitoli yang diterima oleh Dandim Letkol (Inf) Gunnarto, SH, menyerahkan sejumlah paket bantuan kepada masyarakat setempat berupa alat dan mesin pertanian (alsintan) serta bingkisan lainnya dilanjutkan dengan menyaksikan atraksi aparat TNI menumpas terorisme yang menampilkan adegan upaya pembebasan sandera. Kegiatan diakhiri dengan peresmian Rumah Tiga Pilar yakni Pemerintah Desa (Pemdes), Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Tolitoli.(*KH)