Home Kabupaten Tolitoli PAWAI OBOR MERIAHKAN PENYAMBUTAN TAHUN BARU ISLAM DI KOTA TOLITOLI

PAWAI OBOR MERIAHKAN PENYAMBUTAN TAHUN BARU ISLAM DI KOTA TOLITOLI

22
0
SHARE
PAWAI OBOR MERIAHKAN PENYAMBUTAN TAHUN BARU ISLAM DI KOTA TOLITOLI

Keterangan Gambar : Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding Melepas Peserta Pawai Obor (Foto.FT)

Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah, Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli, Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) melaksanakan Pawai Obor yang diikuti seluruh Madrasah, Pondok Pesantren, Lembaga Pemerintah dan Pengurus Masjid serta masyarakat muslim di Kecamatan Baolan.

Pawai obor tersebut dilepas dan diikuti oleh Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding dari halaman Masjid Agung Al Mubarak Tolitoli pada Sabtu malam (31/8).

Ketua Panitia Tahun Baru Islam Kabupaten Tolitoli Drs. Ihsan Lamaming, M.Pd.I mengatakan, peringatan Tahun Baru Islam seperti pawai obor baru pertama kali di daerah ini. Antusias masyarakat pada kegiatan ini cukup tinggi, hal tersebut terlihat dari banyaknya peserta pawai yang mencapai 3 ribuan obor, ungkapnya.

Setelah start dari halaman Masjid Agung Al Mubarak, peserta pawai obor melintasi jalan protokol di dalam Kota Tolitoli di antaranya Jalan Sultan Hasanuddin, menuju Jalan Dr. Muhammad Hatta, Jalan Magamu, selanjutnya ke Jalan D.I Panjaitan dan finish kembali di halaman Masjid Agung Al Mubarak.

Saat melepas peserta pawai obor ini, Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan pawai obor ini merupakan salah satu wujud kegembiraan umat Islam terhadap datangnya Bulan Muharram. Gembira karena kita masih diberikan nikmat kesehatan, dipanjangkan umur dan diharapkan menjadi berkah untuk menjalani kehidupan mencapai Ridha Ilahi.

Selaku Pemerintah Daerah, Wakil Bupati menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telah berinisiatif dalam pelaksanaan acara ini, mengingat perayaan Tahun Baru Hijriyah dapat dijadikan momentum untuk mengintrospeksi dan mengevaluasi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Wakil Bupati juga mengatakan, peristiwa hijrahnya Rasulullah ini merupakan peristiwa yang di dalamnya tersimpan suatu kebijaksanaan sejarah, agar kita sebagai ummatnya senantiasa mengambil hikmah, meneladani, serta mampu mentransformasi nilai-nilai ajaran yang dibawah oleh Rasulullah Muhammad SAW dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selain Wakil Bupati bersama istri, turut juga sebagai peserta dalam pawai obor ini, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tolitoli Andi Ahmad Syarif, Asisten Sekda Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Ir. Muh. Nur Munawar bersama Istri, Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Ir. Hardiyan, M.Si bersama istri, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli Hi. Muchlis, S.Ag.,M.Pd bersama istri, Perwakilan Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua Majelis Ulama Indonesia Tolitoli Drs. K.H. M. Nasir Mille sejumlah pejabat Pemda dan jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli. Peserta pawai disediakan nomor peserta untuk dilakukan penilaian dan disiapkan hadiah dari Panitia Pelaksana.(Fdp)*

(Tim Liputan Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tolitoli)