Home Daerah PEMAHAMAN REFORMASI BIROKRASI LINGKUP KEPARIWISATAAN KABUPATEN TOLITOLI DITINGKATKAN

PEMAHAMAN REFORMASI BIROKRASI LINGKUP KEPARIWISATAAN KABUPATEN TOLITOLI DITINGKATKAN

13
0
SHARE
PEMAHAMAN REFORMASI BIROKRASI LINGKUP KEPARIWISATAAN KABUPATEN TOLITOLI DITINGKATKAN

tolitolikab.go.id Dinas Pariwisata Porvinsi Sulawesi Tengah bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Tolitoli menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Reformasi Birokrasi melalui manajemen perubahan pola pikir dan peningkatan budaya kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Dinas Pariwisata Kabupaten Tolitoli tahun 2019.  Kegiatan sosialisasi itu, dibuka oleh Wakil Bupati Tolitoli, Hi Abdul Rahman Hi Budding, di Ballroom Pulau Lingayan Hotel Mitra Utama Tolitoli, Rabu (23/10).

Berdasarkan laporan panitia kegiatan, Hj Neng Elly SH.,MM, bahwa maksud diadakan kegiatan sosialisasi adalah untuk meningkatkan pemahaman aparatur tentang reformasi birokrasi, serta menciptakan reformasi birokrasi pemerintah yang professional dan karakteristik, adiktif, berintegritas, berkinerja tinggi dan mampu memberikan pelayanan prima serta berdedikasi tinggi. Sedang tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut yaitu mendorong seluruh elemen Dinas Pariwisata se-Provinsi Sulawesi Tengah untuk berkomitmen melakukan upaya reformasi birokrasi dan membantu seluruh individual dalam membangun budaya kerja untuk membentuk birokrasi yang lebih baik.

Peserta sosialisasi berjumlah enam puluh orang, terdiri dari pejabat eselon III, eselon IV dan staf di lingkungan Dinas Pariwisata Kabupaten Tolitoli dengan menghadirkan dua orang pemateri, yaitu Kepala Pusat Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar, DR Andi Taufik, MSi dan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Dra Novalina, MM.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah, Drs I Nyoman Sriadijaya, MM, dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk mendukung misi kepariwisataan diperlukan strategi untuk akselerasi rformasi birokrasi kelembagaan dengan penguatan mekanisme kinerja organisasi Dinas Pariwisata se-Provinsi Sulawesi Tengah dengan menguatkan tata kelola dalam strutur organisasi itu sendiri maupun menguatkan pengawasan program serta menguatkan mekanisme sinkronisasi dan harmonisasi program pembangunan kepariwisataan baik secara internal dan lintas sektoral. Olehnya itu, melalui peningkatan reformasi birokrasi yang bersifat holistik perlu dilakukan untuk merubah mental ASN ataupun mindset untuk memperbaiki perilaku dan pola pikir serta meningkatkan budaya kerja.

Sementara itu, Wakil Bupati Tolitoli sebelum membuka kegiatan sosialisasi menyampaikan bahwa untuk menghidupkan industri pariwisata diperlukan kerjasama yang dinamis antara mitra pariwisata dan pemerintah daerah, di mana sumber daya manusia (SDM) memainkan peran yang sangat penting dan menetukan serta strategis baik dari SDM mitra pariwisata mupun SDM dari ASN. Sehingga diperlukan langkah yang bersifat mendasar, komprehensif dan sistematik mendorong ASN khususnya ASN lingkup Dinas Pariwisata se-Provinsi Sulawesi Tengah menjadi lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam mengmban tugas umum pemerintahan dan pembangunan khususnya pembangunan kepariwisataan. Selain itu, dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, informasi dan komunikasi serta perubahan lingkungan strategis menuntut birokrasi pemerintahan untuk direformasi dan disesuaikan dengan dinamika tuntutan masyarakat. 

Turut hadir pada Kegiatan pembukaan Sosialisasi, Perwakilan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Perangkat Daerah, Peserta Sosialisaso serta undangan lainnya.(*AS)