Home Kabupaten Tolitoli PULUHAN PESERTA IKUTI PELATIHAN PERLINDUNGAN ANAK TERPADU BERBASIS MASYARAKAT DI KABUPATEN TOLITOLI

PULUHAN PESERTA IKUTI PELATIHAN PERLINDUNGAN ANAK TERPADU BERBASIS MASYARAKAT DI KABUPATEN TOLITOLI

13
0
SHARE
PULUHAN PESERTA IKUTI PELATIHAN PERLINDUNGAN ANAK TERPADU BERBASIS MASYARAKAT DI KABUPATEN TOLITOLI

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Tolitoli pada Rabu pagi (6/11) melaksanakan Pelatihan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) bertempat di Aula Hotel Suryadi Tolitoli yang diikuti oleh puluhan peserta terdiri dari anggota Karang Taruna, Lembaga Swadaya Masyarakat, Tokoh Agama, anggota Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) serta masyarakat umum. Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Tolitoli diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Drs. Hi. Mukaddis Syamsuddin, M.Si dan dihadiri Kepala DPPPA Kabupaten Tolitoli Dra. Fera G. Mangoal beserta jajarannya.

Ketua Panitia Ronald C. Lamaming, S.Sos melaporkan, maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menguatkan kapasitas masyarakat dalam rangka menyelesaikan masalah kekerasan pada anak yang sering terjadi di masyarakat dan bagaimana penerapan perlindungan anak terhadap tindak kekerasan, dengan sasaran anak, orang tua, keluarga dan masyarakat yang ada di wilayah PATBM.

Dalam sambutan tertulis Bupati yang dibacakan Sekretaris Daerah Drs. Hi. Makaddis Syamsuddin, M.Si mengatakan, dalam menyiapkan generasi penerus bangsa, anak merupakan aset utama. Tumbuh kembang anak merupakan tanggung jawab keluarga, masyarakat dan negara. Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat atau PATBM merupakan suatu gerakan dari jaringan atau kelompok warga pada tingkat masyarakat yang bekerja secara terkoordinir untuk mencapai tujuan perlindungan anak. Bupati juga menuturkan, pembinaan, pengembangan dan perlindungan anak membutuhkan peran pemangku kepentingan, baik melalui lembaga perlindungan anak, keagamaan, sosial maupun lembaga pendidikan. Selaku pimpinan daerah, Bupati mengajak seluruh unsur pemerintahan sampai tingkat bawah yaitu desa dan kelurahan untuk menyelesaikan masalah kekerasan pada anak yang terjadi di tengah masyarakat, sebab dukungan Organisasi Perangkat Daerah terkait terhadap perlindungan anak menjadi posisi penting dan strategis untuk memastikan anak di Kabupaten Tolitoli terlindung hak asasinya. Sebagai pemateri dalam pelatihan ini yakni Ketua Pusat Penelitian Gender dan Anak, Universitas Tadulako Palu DR. Ir  Andi Fatmawati Saloko, M.P.(*FDP)