Home Kabupaten Tolitoli RAPERDA SULTENG TENTANG KEBUDAYAAN DISOSIALISASIKAN DI TOLITOLI

RAPERDA SULTENG TENTANG KEBUDAYAAN DISOSIALISASIKAN DI TOLITOLI

24
0
SHARE
RAPERDA SULTENG TENTANG KEBUDAYAAN DISOSIALISASIKAN DI TOLITOLI

Keterangan Gambar : foto : Rezi

tolitolikab.go.id. Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Provinsi Sulawesi Tengah tentang Pelestarian dan Pengembangan Kebudayaan Sulawesi Tengah disosialisasikan kepada seluruh Camat, Lurah, Kepala Sekolah, pihak Swasta Pengelola Pariwisata, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda di Tolitoli. Sosialisasi yang digelar di room Hotel Mitra UtamaTolitoli Jum'at pagi (22/11) itu, dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding.

Menurut ketua panitia pelaksana Arsy MA. Pontoh, SH. MH, maksud dan tujuan sosialisasi Raperda ini dalam rangka menerima masukan baik secara lisan atau tertulis pada Raperda dimaksud sebagaimana yang diamanatkan dalam Keputusan Mentri Dalam Negeri Nomor 80 Tahun 2015 tentang Produk Hukum Daerah yang menyebutkan bahwa penyebarluasan Peraturan Daerah dilakukan untuk dapat memberikan informasi dan memperoleh masukan dari masyarakat dan para pemangku kepentingan.

Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding saat memberikan sambutannya mengatakan Indonesia merupakan negara besar dengan beribu pulau dan keanekaragaman budaya adat istiadat, demikian pula halnya Sulawesi Tengah memiliki budaya yang diwariskan secara turun temurun. Tradisi yang menyangkut aspek kehidupan tumbuh dan dipelihara di tengah masyarakat sehari hari.

Menurut Wakil Bupati, sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan Sulawesi Tengah agar tidak tergerus oleh modernisasi dan globalisasi yang telah merambah hampir seluruh lini kehidupan. Apalagi dengan pelaksanaan otonomi daerah, kerifan lokal dalam wujud nilai kebudayaan harus menjadi perhatian utama sebagai kekuatan pembangunan sehingga perubahan yang terjadi tetap tidak meninggalkan nilai dasar yang mengakar di masyarakat Sulaweai Tengah.

Turut hadir dalam sosialisai adalah anggota komisi III DPRD Propivinsi Sulawesi Tengah Dra. Marlela, M.Si, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah Dr. Rahman Ansyari, M.Pd, Kepala Perangkat Daerah terkait dan unit kerja terkait di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli. (Asri)