Home Kabupaten Tolitoli TOLITOLI UTARA JADI LOKPRI KAWASAN PERBATASAN NEGARA

TOLITOLI UTARA JADI LOKPRI KAWASAN PERBATASAN NEGARA

18
0
SHARE
TOLITOLI UTARA JADI LOKPRI KAWASAN PERBATASAN NEGARA

Keterangan Gambar : Rapat Penyusunan Materi Teknis RDTR

Direktorat Jenderal Tata Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang melalui Kantor Agraria Tata Ruang-Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN) Kabupaten Tolitoli, menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Kajian Strategi Lingkungan Hidup (KSLH) Penyusunan Materi Teknis Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Perbatasan Negara Tolitoli (Lokasi Prioritas Kecamatan Tolitoli Utara) Provinsi Sulawesi Tengah di Meeting Room Hotel Mitra Utama Tolitoli, Kamis pagi (29/8). FGD yang berlangsung sehari itu dibuka oleh Bupati Tolitoli diwakili Asisten Sekretaris Daerah Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Ir. Muh. Nur Munawar dan dihadiri oleh Kepala Seksi Perencanaan Kawasan Strategis Nasional Wilayah II Agung Mungki Prayetna, Kepala Dinas Bina Marga dan Penata Ruang Provinsi Sulteng Dr. Ardin T. Tayeb, SE.,MT.,IAP, perwakilan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulteng Debrika R. Tobigu, jajaran ATR/BPN Tolitoli, pejabat Pangkalan TNI AL Tolitoli, sejumlah pejabat dari Instansi terkait di antaranya Badan Perencanaan Pembagunan Daerah (Bappeda), Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Perdagangan, Dinas Lingkungan Hidup, tim penyusun RDTR serta para Kepala Desa se-Kecamatan Tolitoli Utara Kabupaten Tolitoli.

Dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Asisten Sekda Ir. Muh Nur Munawar, Bupati Tolitoli mengatakan bahwa, Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan perbatasan Negara merupakan salah satu dukungan dari program prioritas Pemerintah untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Adanya proses penyempurnaan penyusunan RDTR Kawasan Perbatasan Negara di Tolitoli, dinilai sangat penting untuk melihat kondisi diperbatasan yang terdapat berbagai dinamika dan diperlukan peningkatan koordinasi lintas sektor untuk dapat diakomodir di dalam RDTR Kawasan Perbatasan Negara Tolitoli, ujar Bupati.

Dalam hal ini, Kasi Perencanaan Nasional Wilayah II Agung Mungki Prayetna memaparkan, penyusunan RDTR Kawasan Perbatasan Negara Tolitoli merupakan salah satu bentuk tindak lanjut dari amanah Instruksi Presiden (Inpres) terkait Lokasi Prioritas (Lokpri) kawasan perbatasan negara yang perlu disusun RDTR nya pada Tujuh Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Menurutnya, pada forum FGD ini disepakati beberapa hal yang harus segera ditindaklanjuti di antaranya kesesuaian RDTR dengan peraturan yang ada di Daerah Kabupaten Tolitoli. Diharapkan RDTR ini dapat segera terselesaikan tahun depan agar dapat menjadi alat operasionalisasi dan alat koordinasi pelaksanaan pembangunan Kawasan Perbatasan Negara di PLBN Tolitoli.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan penandatanganan kesepakatan berita acara dari unsur Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal terkait. (Fdp)*

(Tim Liputan Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tolitoli)