Home Kabupaten Tolitoli Wakil Bupati Tolitoli : PELAKU USAHA MASIH ANGGAP SEPELE PERAN KEMASAN

Wakil Bupati Tolitoli : PELAKU USAHA MASIH ANGGAP SEPELE PERAN KEMASAN

82
0
SHARE
Wakil Bupati Tolitoli : PELAKU USAHA MASIH ANGGAP SEPELE PERAN KEMASAN

tolitolikab.go.id. Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Kop-UMKM) Kabupaten Tolitoli secara khusus menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Mutu Kemasan di Kabupaten Tolitoli tahun 2020 yang dibuka oleh Wakil Bupati Toltoli Hi. Abdul Rahman Hi Budding,  pada Selasa Pagi (24/8) di Aula Hotel Suryadi Tolitoli. Kegiatan ini turut dihadiri pula Kepala Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Tolitoli Drs. Lukman Abdullah SH.,MH beserta seluruh jajarannya,   Kepala Perangkat Daerah dan Pimpinan Unit Kerja terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tolitoli,      Instruktur dan Narasumber, Panitia Pelaksana dan para peserta pelatihan.

Ketua panitia penyelenggara Djunaidi, SP melaporkan bahwa maksud dilaksanakan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kualitas pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM di Kabupaten Tolitoli khisusnya dalam hal mengemas hasil usahanya yang dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 25 s/d 27 Agustus 2020. Pelatihan diikuti 30 orang peserta yang berasal dari sentra UMKM yang tersebar pada tujuh (7) Kecamatan di kabupaten Tolitoli masing - masing Kecamatan Dampal Selatan 3 orang, Dampal Utara 3 orang, Kecamatan Dondo 2 orang, Kecamatan Baolan 9 orang, Kecamatan Galang 7 orang, Kecamatan Dakopemean 2 orang dan Kecamatan Tolitoli Utara 4 orang,

Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding saat memberikan sambutannya mengatakan masih banyak produk hasil olahan masyarakat yang memiliki kendala dalam penjualan dan pemasaran. Hal ini dihadapi oleh para pelaku usaha kecil yang baru memulai atau sedang berkembang, sehingga sebagian besar pelaku usaha masih menganggap sepele peran kemasan di mana produk tidak memiliki nilai jual lebih dimata konsumen, akibatnya, banyak produk usaha masyarakat yang kurang laku dipasaran. Desain kemasan seharusnya diperhatikan dan ditingkatkan kwalitasnya, sehingga dapat memiliki kemampuan untuk mempengaruhi konsumen, desain disini  berperan sebagai bentuk komunikasi merek, di mana produsen bisa menanamkan kepribadian serta memposisikan nilai dan manfaat merek. Untuk itu para pelaku dan penggiat UMKM di kabupaten Tolitoli hendaknya bisa menggali lebih dalam lagi tentang desain kemasan yang paling tepat untuk produk yang dihasilkannya.

Wakil Bupati mengharapkan kepada peserta tidak hanya sekedar datang duduk dan mendengarkan materi saja namun dapat mengembangkannya di luar sekaligus mengimplementasikan dan memasarkan hasil-hasil produk sebagai produk unggulan dan khas khususnya dari Kabupaten Tolitoli.

Diakhir sambutannya Wakil Bupati mengingatkan kepada panitia dan peserta agar selama pelatihan berlangsung, protokol kesehatan benar-benar diterapkan, sebagai bentuk adaptasi kebiasaan baru, terutama menjaga jarak antar sesama peserta dan tetap menggunakan masker.

(Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli)