Home Pemerintahan Wakil Bupati Tolitoli Pimpin Apel Gelar Pasukan Tim Operasi Zebra 2018

Wakil Bupati Tolitoli Pimpin Apel Gelar Pasukan Tim Operasi Zebra 2018

59
0
SHARE
Wakil Bupati Tolitoli Pimpin Apel Gelar Pasukan Tim Operasi Zebra 2018

Selasa pagi (30/10) Apel Gelar Pasukan Tim Operasi Zebra 2018, digelar di halaman Markas Kepolisian Resor Tolitoli dengan pembina apel Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding.

Kegiatan ini diawali dengan pemeriksaan barisan dan diakhiri dengan penyematan pita tanda operasi oleh Wakil Bupati Tolitoli kepada para perwakilan dari satuan tugas masing-masing yang terdiri dari Polisi Lalu Lintas, Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, TNI-AD, TNI-AL dan Polisi Militer.

Dalam amanatnya Wakil Bupati mengatakan, dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas, seluruh stakeholders wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya, dalam hal ini menciptakan pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) supaya dapat diambil langkah yang komprehensif dan menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas. Oleh sebab itu, kata Wabup, diperlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara kamseltibcarlantas, sehingga tercipta keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas.

Operasi Zebra akan digelar di seluruh Kepolisian Daerah seluruh Indonesia secara serentak mulai tanggal 30 Oktober hingga 12 November 2018. Tujuannya untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (KAMSELTIBCARLANTAS) yang lebih baik, menyongsong penghujung tahun 2018.

Dalam pelaksanaannya, Kepolisian Negara Republik Indonesia akan didukung oleh satuan fungsi lainnya dengan melibatkan para pemangku kepentingan. Operasi Zebra ini juga dilaksanakan sebagai upaya cipta kondisi operasi lilin tahun 2018 dalam rangka pengamanan Hari Raya Natal tahun 2018 dan Tahun Baru 2019.

Berdasarkan data yang ada, jumlah pelanggaran lalu lintas pada pelaksanaan operasi zebra tahun 2017 silam sebanyak 1.069.541 kejadian, sedangkan jumlah pelanggaran lalu lintas tahun 2016 sebanyak 356.101 kejadian, hal ini mengalami peningkatan sebanyak 713.440 atau 200 %. Diharapkan melalui pelaksanaan operasi zebra ini, kecelakaan lalu lintas di Tahun 2018 dapat diminimalisir agar tercipta Keamanan, Keselamatan, ketertiban dan Kelancaran Lalulintas (KAMSELTIBCARLANTAS)

Apel gelar pasukan ini dihadiri oleh Unsur Forkopimda dan sejumlah undangan. (Diana)