Home Kabupaten Tolitoli WAKIL BUPATI TOLITOLI TERIMA UANG PERINGATAN KEMERDEKAAN DARI BANK INDONESIA SULTENG

WAKIL BUPATI TOLITOLI TERIMA UANG PERINGATAN KEMERDEKAAN DARI BANK INDONESIA SULTENG

118
0
SHARE
WAKIL BUPATI TOLITOLI TERIMA UANG PERINGATAN KEMERDEKAAN DARI BANK INDONESIA SULTENG

tolitolikab.go.id. Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding, jumat malam (21/8) menerima kunjungan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tengah M. Abdul Madjid Ikram di rumah jabatan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tolitoli. Maksud kunjungan Kepala BI Sulteng itu, untuk menyerahkan  Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) pecahan 75.000 kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli. Kepada Wakil Bupati, diserahkan selembar UPK pecahan 75000 oleh Kepala BI Sulteng.

Sebagaimana diketahui bahwa uang pecahan 75000 edisi khusus tersebut hanya diproduksi sebanyak 75 juta lembar dan akan disebar ke seluruh daerah di Indonesia, termasuk di wilayah Kabupaten Tolitoli. Kepala BI Sulteng M. Abdul Madjid Ikram mengatakan setiap orang di Sulteng yang sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) bisa menukarkan satu lembar uang pecahan 75000 edisi khusus Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia.

Abdul Madjid yang didampingi sejumlah pejabat BI Sulteng itu selain menyampaikan salam hormat dari Gubernur Bank Indonesia kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli, juga menjelaskan bahwa Bank Indonesia mengeluarkan uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia pecahan 75000 tahun emisi 2020 ini merupakan wujud ungkapan rasa syukur dan berbagi kebahagiaan kepada rakyat Indonesia. Uang edisi khusus tahun ini merupakan perilisannya yang ke empat kalinya dan dicetak dalam jumalah terbatas. Sebelumnya sudah ada tiga kali Bank Indonesia mengeluarkan uang edisi kemerdekaan, yakni pada peringatan HUT Kemerdekaan yang ke 25 pada tahun 1970, HUT Kemerdekaan RI yang ke 45 pada tahun 1990 dan HUT kemerdekaan RI Ke 50 pada tahun 1995.

Sementara itu, Wakil Bupati Hi. Abdul Rahman Hi. Budding yang didampingi Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Tolitoli Arham A. Jacub, SH menyampaikan terima kasihnya kepada Kepala BI Sulteng dan seluruh jajarannya yang telah memberikan uang peringatan kemerdekaan ini sebagai cenderamata. Nantinya masyarakat yag sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) juga bisa memperoleh uang tersebut dengan prosedeur yang telah ditetapkan oleh BI. Wakil Bupati mengatakan,  mudah-mudahan dengan uang peringatan kemerdekaan ini kita bisa melihat sejarah Indonesia. Selain itu kata Wakil Bupati, melalui uang ini kita bisa melihat keanekaragaman suku yang ada di Indonesia. Kebinekaan ada di sini, dengan latar pembangunan Indonesia di usianya yang sudah menginjak 75 tahun. Mudah-mudahan masyarakat bisa memahami, merayakan sekaligus bangga kepada Indonesia, jelas Wabup.

 

(Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli)